EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM SETTING PENDIDIKAN INKLUSIF#SERI PELATIHAN SIM PKB

 Aktivitas 1 – Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran dalam Setting Pendidikan Inklusif




CIPPO merupakan akronim dari Context Evaluation, Input Evaluation, Process Evaluation, Product Evaluation, Outcome.
Komponen CIPPO dijelaskan sebagai berikut:

1. Evaluasi Konteks (Context Evaluation) berfungsi untuk menggambarkan dan merinci berkaitan dengan lingkungan, kebutuhan yang belum terpenuhi, siapa yang dilayani, dan tujuan program.

2. Evaluasi Masukan (Input Evaluatio) maksud dari evaluasi masukan untuk menilai kemampuan awal peserta didik dan sekolah dalam menunjang program, antara lain kemampuan sekolah dalam menyediakan sarana prasarana dan lainnya. Pertanyaan yang berkenaan dengan input mengarah pada "pemecahan masalah" sehingga mendorong implementasi program.

3. Evaluasi Proses (Process Evaluation) terkait dengan "apa" (what) kegiatan yang dilakukan dalam program, "siapa" (who) yang menjadi penanggung jawab program, "kapan" (when) kegiatan dilaksanakan dan selesai.

4. Evaluasi Produk (Product Evaluation) bertujuan untuk mengukur, menginterpretasikan dan menilai pencapaian program. Evaluasi produk diarahkan pada hal-hal yang menunjukkan perubahan yang terjadi setelah ada masukan atau input.

5. Evaluasi Keluaran (Outcome Evaluation) merupakan evaluasi berkaitan dengan manfaat menunjuk pada hasil keluaran dari implementasi program, seberapa besar manfaat program bagi guru, peserta didik, sekolah, dalam melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian di kelas.



0 Response to "EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM SETTING PENDIDIKAN INKLUSIF#SERI PELATIHAN SIM PKB"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...