SMK N 1 PADANG GELUGUR

 DEKRIPSI LOKUS

A.      Deskripsi Umum

        1. Gambaran Umum Instansi

SMK N 1 Padang Gelugur
     (Picture by Desi Mulyana)

   SMKN 1 Padang Gelugur adalah sekolah menegah kejuruan dibawah naungan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, berlokasi di jalan Sungai Pimping, jorong Makmur, nagari Padang Gelugur, Kecamatan Padang Gelugur, Kabupaten Pasaman. SMKN 1 Padang Gelugur telah berdiri semenjak tahun 2004. Berikut pemapran tentang deskripsi umum SMK N 1 Padang Gelugur  :

Nama Sekolah             : SMKN 1 PADANG GELUGUR

NPSN                          : 10304195

NSS                             : 321080212008

Alamat                                    

Jalan                            : Sungai Pimping

Jorong                          : Makmur

Nagari                          : Padang gelugur

Kecamatan                  : Padang gelugur

Kabupaten                   : Pasaman

Propinsi                       : Sumatera Barat

Tel                               : -

Kode Pos                     : 26355

Satus Sekolah              : Negeri

Email                           : smknpadanggelugur@yahoo.co.id

Kompetensi keahlian   :

1.     Teknik Kendaraan Ringan Otomotif( TKRO )

2.     Teknik dan Bisnis Sepeda Motor ( TKRO )

3.     Otomatisasi dan Tata KelolaPerkantoran (OTKP)

SK Pendirian               : 188.45/769/04 tgl 15/07/2004

Rekening Sekolah       : BRI Cabang Lubuk Sikaping,

NomorRek                   :  026901000782307

 

KEPALA SEKOLAH

Nama                           : MUKHLIS, S.Pd

NIP                              : 197311192000031003

Pangkat/Gol                : Pembina, IV/b

SK Pengangkatan        : 821/1557/BKD-2017

HP                               : 082171503202

Email                           : Mukhlissir@yahoo.co.id

Alamat                         : Rambahan Baru II Kec.Rao Selatan


2.      Sumber Daya

SMKN 1 Padang Gelugur memiliki struktur kepemimpinan sebagai berikut.

    Kepala Sekolah                             MUKHLIS, S.Pd

    Wakil Kepala Sekolah                   :

        a.    Bidang Kurikulum              : Elsa  Yuliandri, S.Pd.

        b.    Bidang Kesiswaan              : Mardiana Sihotang, S.Pd.

Pegawai di SMKN 1 Padang Gelugur terdiri dari 52 orang Tenaga Pendidik (28 orang PNS dan 24 orang GTT) dan 14 orang Tenaga Kependidikan( 1 orang PNS dan 13 orang non PNS) . SMKN 1 Padang Gelugur memiliki rombongan belajar sebanyak 16 rombel dan siswa berjumlah 423 orang dengan rincian sebagai berikut.

Tabel 2.1. Data Jumlah Siswa

No.

Kelas

Laki-laki

Perempuan

Jumlah

1.

X

111

37

148

2.

XI

95

56

151

3.

XII

84

40

124

Total

290

133

423

    Fasilitas/sarana dan prasarana yang terdapat di SMKN 1 Padang Gelugur dirinci pada tabel             berikut.


                Tabel 2.2 Daftar Sarana dan Prasarana

No.

Ruang/Fasilitas

Jumlah

1.

Ruang Kepala Sekolah

1

2.

Ruang Wakil Kepala Sekolah

1

3.

Ruang Tata Usaha

1

4.

Ruang Guru

1

5.

Ruang Kelas

17

6.

Laboratorium Komputer

2

7.

Perpustakaan

1

8.

Bengkel

3

9.

Laboratorium Perkantoran

1

10.

Ruang Bimbingan dan Konseling

1

11.

Ruang Satpam

1

12.

Mushalla

1

13.

Kantin

1

14.

Wastafel Cuci Tangan

1

15.

WC Guru

1

16.

WC Peserta Didik

1

17.

Gudang

1

         3.      Visi dan Misi Sekolah

Sebagai sebuah instansi, SMKN 1 Padang Gelugur tentunya memiliki visi dan misi yang hendak dicapai. Adapun visi dan misi SMKN 1 Padang Gelugur adalah sebagai berikut.

Visi        :“Mewujudkan Sekolah Unggul, Kompetitif Dan Berkarya Melalui Pengembangan IPTEK Dan IMTAQ

Indikator Pencapaian Visi adalah sebagai berikut:

a.    Terlaksananya pembelajaran yang unggul dan berkualitas.

b.    Lulusan yang berkualitas dan berkarakter yang dapat diterima   di DU/DI

c.    Terlaksananya pembinaan Iman dan Taqwa di Sekolah

d.   Terwujudnya lingkungan sekolah yang berbudaya dan berkarakter

           Misi       :

a.       Menyelenggarakan pendidikan yang berlandaskan iman dan taqwa.

b.      Memberikan layanan pendidikan yang berorientasi kecakapan hidup (life skill)

c.       Mengembangkan profesionalisme guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran di kelas

d.      Menghasilkan lulusan dengan keunggulan kompetitif di era global

e.       Menanamkan rasa tanggung jawab terhadap kebersihan, keindahan dan kenyamanan sekolah.

f.       Meningkatkan tertib administrasi dan tertib beraktivitas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

Saat ini SMKN 1 Padang Gelugur memiliki dua program studi dengan tiga kompetensi keahlian. Program studi yang dimiliki SMKN 1 Padang Gelugur yaitu Teknik Otomotif dan Manajemen Perkantoran, sedangkan kompetensi keahlian yang dimiliki yaitu teknik kendaraan ringan otomotif (TKRO), teknik dan bisnis sepeda motor (TKRO) serta otomatisasi dan tata kelola perkantoran (OTKP). Untuk jurusan Teknik Otomotif dengan Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor itu SMK N 1 Padang Gelugur telah bekerja sama dengan PT Hayati, dengan menjadikan sekolah khusus HONDA, jadi SMK N 1 Padang Gelugur sudah bekerja sama dengan dunia industri dan dunia usaha untuk bisa menciptakan lulusan yang siap kerja dengan kurikulum industri, dan Pada tahun ajaran 2021/2022 ini, SMKN 1 Padang Gelugur telah menerapkan Kurikulum 2013 untuk semua tingkatan kelas. 


4.      Struktur Organisasi


B.      DESKRIPSI KHUSUS

1. Program dan Kegiatan Saat Ini

Guru produktif adalah guru yang mengajar mata pelajaran yang sesuai dengan kejuruannya, selain dituntut memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial, guru kejuruan dalam program produktif perlu memiliki karakteristik dan persyaratan kompetensi profesional yang spesifik, antara lain memiliki keahlian praktis yang memadai pada semua bidang studi produktif, mampu menyelenggarakan pembelajaran yang relevan dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja, mampu merancang pembelajaran baik di sekolah maupun di dunia usaha dan industri.

Peningkatan kompetensi guru produktif merupakan upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan keahlian yang maksimal dalam mutu pembelajaran peserta didik di sekolah kejuruan. Hal ini berdampak pada peningkatan kemampuan dan keahlian peserta didik. Kemampuan kompetensi guru produkif di SMK merupakan kunci utama bagi keberlangsungan proses pembelajaran yang berdampak pada keluarannya: peserta didik yang kompeten.

Sekarang pemerintah semakin gencar mencanangkan tentang revitalisasi SMK, ada enam strategis yang menjadi prioritas revitalisasi SMK, yakni penyelarasan dan pemutakhiran kurikulum, inovasi pembelajaran, pemenuhan dan peningkatan profesionalitas guru dan tenaga kependidikan, serta kemitraan sekolah dengan dunia usaha dan industri dan perguruan tinggi, standarisasi sarana dan prasarana utama, serta pengelolaan kelembagaan, untuk mewujudkan program revitalisasi SMK tersebut, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi menuangkan dalam kebijakan dan Program tahun 2021 yang dikenal dengan “Link and Match Vokasi 8 + 1” untuk menciptakan lulusan yang kompeten, terampil, dan sesuai melalui kegiatan Guru Tamu, Magang, Sertifikasi, dan Pelatihan

Salah satu yang menunjang tercapainya tujuan revitalisasi SMK untuk kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK N I Padang Gelugur Kab. Pasaman, salah satunya dengan pengadaan pembuatan banner peralatan dan alat ukur yanag digunakan dibengkel otomotif sebagai pelengkap sarana penunjang kelengkapan workshop dan media pembelajaran.

Sebagai guru produktif pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di SMK N I Padang Gelugur, membuat suatu perobahan baru merupakan suatu tanggung jawab bagi seorang CPNS baru di sekolah tersebut, mengembangkan media-media pendukung pembelajaran yang bisa bermanfaat besar bagi peserta didik untuk mencapai output hasil belajar yang memuaskan, jam mengajar yang diberikan pimpinan ke penulis ada 25 jam pertemuan per minggu, yang harus penulis patuhi dan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab. Semua jam yang diberikan adalah jam mata pelajaran produktif, salah satunya pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif, dimana pada pembelajaran ini peserta didik harus memahami tentang peralatan dan alat ukur yang digunakan di bengkel otomotif dengan sesuai SOP (Standar Operasional Prosesdur). Selama mengajar lebih kurang satu semester, penulis merasa peserta didik sulit memahami dan membedakan tentang peralatan dan alat ukur tersebut, banyak faktor yang mempengaruhi sebenarnya, salah satunya yang terjadi sekarang sedang pandemi covid-19, tidak banyak waktu untuk peserta didik berada disekolah dan dipantau oleh guru, faktor lainnya setiap masuk workshop tidak ada banner-banner yang akan diperhatikan oleh peserta didik, dengan demikian penulis mengkreasikan salah satu Kompetensi Dasar pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO) tersebut ke dalam bentuk banner, yang dapat memberikan nuansa baru di workshop, dapat memenuhi prasarana penunjang workshop dan bisa dijadikan sebagai media pembelajaran yang dapat dilihat dan dipahami peserta didik setiap kali masuk ke workshop, dengan harapan semakin sering peserta didik melihat dan antusias memperhatikan banner yang ada diworkshop akan mempertajam daya ingat dan pengetahuan peserta didik.

2. Role Model

    Sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Penulis akan menerapkan nilai-nilai ANEKA dalam aktualisasi dan habituasi nantinya. Sebagai role model yang penulis tetapkan pada instansi SMK N 1 Padang Gelugur Kabupaten Pasaman yaitu kepala sekolah sendiri yaitu Bapak MUKHLIS, S.Pd. Dimana beliau dalam memimpin

        Sekolah bertanggun jawab serta professional (Akuntabilitas), jujur, Peduli (Anti Korupsi), taat aturan (Etika Publik), religious, Musyawarah (Nasionalisme) dan berkeinginan kuat untuk memajukan sekolah menjadi lebih baik. Beliau selalu memotivasi agar selalu berinovasi (Komitmen mutu) dalam mengajar ataupun dalam teknologi. Dalam melakukan pekerjaan beliau sangat menjunjung tinggi yang berlandaskan pancasila dan selalu mengingatkan bahwa bekerja adalah ibadah dan bekerja harus ikhlas. Selain itu beliau termasuk orang yang berdedikasi tinggi dan tanggung jawab (Akuntabilitas) beliau juga sering memberikan masukan agar kami dapat melaksanakan tugas dengan ikhlas, beliau terus memotivasi kami dengan memberikan kebebasan untuk meningkatkan kompetensi kami sebagai guru, memberikan peluang dan dukungan penuh dengan seringnya membagikan informasi tentang pelatihan dan diklat yang tersedia, beliau juga sering mengatakan ucapan dari mas mentri, guru hebat itu adalah guru yang mau belajar (Komitmen Mutu). 

        Dari nilai-nilai ANEKA yang ada pada sosok Bapak Mukhlis, S.Pd saya  termotivasi untuk menerapkan nilai-nilai aneka dengan terus menggali dan meningkatkan kompetensi saya dengan terus belajar dan mengikuti pelatihan (Komitmen Mutu), selalu disiplin dengan datang tepat waktu (Anti korupsi), mengikuti kegiatan shalat berjamaah dan mendirikan shalat sunnah duha (Nasionalisme), bertanggung jawab dengan tugas yang telah diamanahkan kepada saya(Akuntabilitas). 













0 Response to "SMK N 1 PADANG GELUGUR"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...